Unsur - Unsur Komposisi Pada Photography dan Videography

Welcome To Raga11. The Best Technology Information

Hai ini gue mau share buat kalian pecinta Photography dan Videography terutama buat Newbie dan ingin belajar banyak di dunia Broadcasting

Kali ini gue mau bahas tentang Unsur - Unsur Komposisi

Apa Itu Komposisi? 

Komposisi adalah salah satu unsur penentu tingginya tingginya nilai estetik karya ( Menurut Charpentier )
Secara umum Komposisi adalah cara bagaimana gambar membagi sebuah bidang gambar. Penentu komposisi dilakukan pada saat membidik obyek.untuk itu diperlukan penataan pada unsur - unsur yang mempengaruhi gambar dalam sebuah bidang gambar, sehingga obyek menjadi Point Of Interest ( Pusat Perhatian )


Unsur - Unsur Komposisi itu apa aja?

1. Shape ( Wujud )

Wujud adalah tatanan dua dimensional, mulai dari titik, garis lurus, poligan, dan garis. Tekniknya dapat berupa kontras pencahayaan yang Extreme seperti Siluet, Penonjolan detail benda, mengikutkan subyek menjadi garis luar atau outlline dari sebuah tone warna tertentu.

2. Bentuk ( Form )

Bentuk adalah tatanan yang memberikan kesan tiga dimensional, seperti kubus, balok, prisma, dll. dalam Photography ditunjukkan dengan gradasi cahaya dan bayangan dan kekuatan warna.

3. Pola ( Pettern )

Pola adalah tatanan dari kelompok sejenis yang diulang untuk mengisi bagian tertentu di dalam bingkai atau Frame Foto, sehingga memberikan kesan adanya keseragaman.

4. Tekstur ( Texture )

Tekstur adalah tatanan yang memberikan kesan tentang keadaan permukaan suatu benda. Tekstur akan tampak dari gelap ke terang atau bayangan dan kontras yang timbul dari pencahayaan.

5. Kontras ( Contrast )

Kontras adalah kesan gelap atau terang yang menentukan suasana. kontras warna disebabkan oleh warna - warna primer seperti merah, biru,kuning.

6. Warna ( Color )

Unsur warna sangat penting dalam Photography karena dapat membedakan obyek, menentukan mood serta memberi nilai tambah untuk menyempurnakan daya tarik.



Itulah beberapa unsur komposisi dalam Photography dan Videography. mohon maaf jika informasinya kurang detail. dan untuk lebih detailnya kalian bisa download dokumennya di bawah ini. mudah - mudahan artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua terutama untuk orang yang bercita - cita menjadi Photographer Professional.

Silahkan Download gan
Unsur - Unsur Komposisi




0 Response to "Unsur - Unsur Komposisi Pada Photography dan Videography"

Post a Comment