Apa Itu Editing? Ini Dia Pengertiannya

Welcome To Raga11 The Best Technology Information

Apa Itu Editing? Ini Dia Pengertiannya

Oke hari ini gue mau share tentang editing nih, mungkin kebanyakan orang sudah tahu apa itu editing dan mungkin buat yang sudah master sudah tidak asing lagi jadi kali ini gue share buat yang pemula daningin belajar semua tentang editing, oke langsung saja ini dia penjelasannya.



Apa Itu Editing? Ini Dia Pengertiannya

Editing adalah proses penyambungan gambar dari banyak shot tunggal sehingga menjadi kesatuan cerita yang utuh. Editor menyusun shot - shot tersebut sehingga menjadi sebuah Scene, kemudian dari penyusunan scene - scene tersebut akan tercipta Sequence sehingga pada akhirnya akan tercipta sebuah film yang utuh. Ibaratnya menulis sebuah cerita, sebuah shot bisa dibilang sebuah kata, scene adalah sebuah kalimat, sequence adalah sebuah paragraph. sebuah cerita akan utuh bila terdapat semua unsur tersebut. Tanpa proses editing yang baik , sebuah produksi yang telah menghabiskan banyak uang dan tenaga akan menjadi sia - sia.memang benar editor bisa meghasilkan sebuah editing yang baik jika materi editingnya juga baik. Editor menentukan shot mana yang akan dipakai dan berapa lama durasinya.

3 Hal Yang Perlu di Perhatikan Dalam Editing



1. Fungsional

Fungsional adalah menentukan sebuah shot berdasarkan fungsinya.
Kenapa harus fungsional? karena sebuah shot memiliki fungsi yang berbeda beda.

2. Proposional

Proposional adalah Menempatkan sebuh shot berdasarkan proporsinya.
Panjang pendek sebuah shot haruslah proporsional begitu juga dengan penentuan titik potongnya dari sebuah shot. penentuan shot yang terlalalu panjang akan membuat penonton menjadi bosan meskipun shot menangkap pesan yang ingin disampaikan.

3. Struktural

Struktural adalah Menentukan struktur susunan shot yang dibuat.
Struktur editing tidaklah harus tersusun A - Z bisa saja strukturnya dimulai dari B - A - C - H - D dan seterusnya.


Editing Berdasarkan Media Rekamnya

1. Editing Dengan Media Seluloid 

Editing Dengan Media Seluloid adalah secara fisik memotong dan menyambung pita seluloid. biasanya menggunakan alat editing merk STEINBERK dan  MIVIOLA.

2. Editing Dengan Media Video

Editing Dengan Media Video adalah dengan melakukan proses copy dari satu pita video ke pita video yang lain.menggunakan minimal dua alat yang berfungsi sebagai pemutar dan perekam ( VTR = Video Tape Recorder ). Editing seperti ni di kenal sebagai editing Deck to Deck atau Tape to Tape.



Nah, itu dia sedikit penjelasan tentang editing, jika kalian masih penasaran dengan Editing silahkan tunggu update selanjutnya ya guys.
jangan lupa like and share artikel ini agar bermanfaat buat semua orang.
see you, and happy nice day guys......

0 Response to "Apa Itu Editing? Ini Dia Pengertiannya"

Post a Comment