11 Tips Memotret Dengan Kamera Smartphone [ Smartphone Photography ]

Welcome To Raga11 The best Technology Information

11 Tips Memotret Dengan Kamera Smartphone [ Smartphone Photography ]

Oke hari ini gue mau share tentang Smartphone Photography yaitu, 11 Tips Memotret Dengan Kamera Smartphone [ Smartphone Photography ]. Nah buat kalian yang hobby banget Photography terutama yang senangmemotret dengan smartphone atau Android kalian. inilah tips untuk memotretnya, oke langsung saja ini dia disimak baik - baik ya.



11 Tips Memotret Dengan Kamera Smartphone [ Smartphone Photography ]

1. Jangan Menggunakan Zoom 

Kamera smartphone cenderung memperkecil obyek foto, jadi selalu usahakan agar kita memotret dari jarak yang cukup sehingga keseluruhan obyek bisamemenuhi frame tanpa harus menggunakan Zoom. Zoom akan menurunkan resoulusi foto anda secara keseluruhan dan membuat foto tidak tajam.

2. Pastikan Cahaya Yang Menerangi Obyek Mencukupi

Karena kamera smartphone tidaklah sensitif mata kita yang bisa melihat keremangan, usahakan selalu agar cahaya yang menerangi obyek foto mencukupi. Hasil foto outdoor cenderung lebih bagus dari pada indoor. jika tersedia gunakan fitur flash saat memotret di Indoor. Tapi harus diingat bahwa jarak sensitif flash adalah 2 - 3 Meter, jadi jangan berharap kita bisa menerangi seluruh ruangan dengan Flash. Alangkah baiknya kita gunakan Lighting sebagai penerangan cahaya di Indoor.

3. Pegang Smartphone Secara Stabil Saat Memotret

Semakin stabil kamera, semakin bagus juga foto yang kita ambil. Jadi usahakan selalu agar tangan kita tenang saat memoteret. jika perlu, manfaatkan benda yang kebih stabil sebagai sandaran, misalnya pohon atau tembok sehingga membantu kestabilan tangan. Atau kita juga bisa menggunakan Tripod Khusus Smartphone.




4. Baca Tips Tentang Komposisi

Pengetahuan tentang komposisi yang bagus akan membantu kita memotret yang baik. Cobalah untuk membaca Tentang komposisi dalam Photography. Baca artikel sebelumnya Unsur - Unsur Komposisi

5. Cobalah Memotret Dari Tempat Yang Tidak Biasa

Foto yang dibuat dari sudut yang biasa - biasa saja maka hasilnya juga akan biasa saja. Untuk itu, cobalah memotret dari sudut yang tidak biasa, misalnya dari bawah obyek, dll.

6. Pastikan Lensa Selalu Bersih

Sebaik apapun kita memotret dan sebagus apapun obyek foto,tapi jika lensa kita kotor maka hasilnya pasti akan jelek, Mengingat Smartphone kita lama berada di saku celana kita maka lama kelamaan kotoran akan menempel di lensakamera, oleh karena itu selalu bersihkan lensa kamera kita.

7. Kenali Waktu Jeda Shutter

Kamera Smartphone memiliki apa yang disebut Shutter Lag,  yaitu waktu jeda antara saat kita memencet dan saat kamera mulai mengambil foto. kenali waktu jeda ini dengan baik agar tangan kita tetap tenang sesaat setelahkita menekan Shutter.

8. Hindari Mengedit Foto Dari Handphone

Smartphone memiliki beberapa fitur pengolahan foto bawaan yang cukup menarik dan lucu, tapi jika kita cukup tahan godaan dan rela kerepotan mengolah foto di komputer, maka hasilnya akan jauh lebih baik dan kebih bagus karena kita memiliki keleluasaan kreatif yang lebih besar ketika mengolah foto di komputer. Software editing foto yang baik dan sudah terkenal adalah Adobe Photoshop Dan Adobe Lightroom.

9. Pilih Resolusi Tertinggi

Resolusi tertinggi berarti foto yang dihasilkan memiliki detail lebih banyak dan bisa dicetak lebih besar.

10. Memotret Sesering Mungkin

Kita harus bersyukur hidp di jaman digital sehingga berapapun kita memotret, kita tidak harus mengeluarkan dana yang ekstra, karena itu jangan sugkan dan ragu,potretlah sebanyak dan sesering mungkin, semakin banyak kita memotret semakin banyak juga hasil yang bagus.

11. Jangan Memberi Effect Di Handphone Berilah Effect Di Komputer

Kebanyakan Smartphone melengkapi dirinya dengan aplikasi tertentu yang memungkinkan kita mendapatkan effect yang kita mau, misalnya hitam - putih, crop, Sepia, dll. Tapi untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, gunakan software di komputer pilihan kita, misalnya Adobe Photoshop dan Adobe Lightroom.


Oke itulah dia 11 Tips Memotret Dengan Kamera Smartphone [ Smartphone Photography ] semoga bermanfaat untuk kita semua dan bisa menambah semangat kita agar selalu berkarya melalui foto yang kita potret.

Baca juga artikel sebelumnya Unsur - Unsur Komposisi , Basic Lighting Photography,

Jangan lupa Like And Share artikel ini agar lebih banyak membaca, makin banyak membaca makin banyak ilmu yang kita dapat. See you and Good Bye....

0 Response to "11 Tips Memotret Dengan Kamera Smartphone [ Smartphone Photography ]"

Post a Comment